oleh

ODP di Sumut Meningkat 205 Orang, Dinkes Minta Dilakukan Isolasi Serius

Rakyatsumut.com, Perkembangan penanganan wabah virus Corona atau Covid-19 di Sumatera Utara terjadi peningkatan hingga Jumat (20/3/2020) sore.

Dari data yang dilaporkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 melalui virtual conference, jumlah ODP dan PDP mengalami peningkatan jumlah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, data Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumut saat ini berjumlah 205. Terjadi peningkatan dibanding hari sebelumnya yakni 53 orang.

“205 orang ini di isolasi secara mandiri di rumah,” kata Alwi Mujahit Hasibuan saat menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 melalui virtual conference.

Alwi berharap, dengan adanya peningkatan jumlah ODP di Sumut, masyarakat yang dinyatakan statusnya sebagai ODP, melakukan isolasi secara serius di rumah. Hal tersebut sebagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami meminta isolasi ini dilakukan secara serius untuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Kata Alwi, selain jumlah ODP, data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit umum rujukan COVID-19 di seluruh Sumut, mengalami peningkatan.

Hingga petang Jumat (20/3/2020), jumlah PDP menjadi 36 orang dari data sebelumnya 19 orang.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah, lanjutnya, masyarakat baik yang berstatus ODP maupun yang lainnya, segera melakukan social distancing secara maksimal untuk menekan laju penyebaran corona. Jika hal tersebut tidak segera dilakukan, maka akan memperpanjang masa darurat Covid-19 di Sumut.

“Bagi masyarakat yang berkunjung ke daerah terjangkit, segera melapor. Kalau tidak, kita tidak akan memutus mata rantai penyebaran. Kita akan mendapat PDP yang lebih banyak lagi. Kami berharap bapak ibu menggunakan call centre untuk mendapat penjelasan terbaik,” pungkasnya.

Laporan: Ucis

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed