oleh

Tim Terpadu Covid-19 Paluta: Belum Ada Warga yang Terpapar

Rakyatsumut.com, Melalui juru bicara Tim Terpadu Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Lairar Rusdi Nasution saat konferensi pers di Posko Tim Terpadu, Kantor Bupati Paluta, menyampaikan kepada awak media bahwa hingga saat ini belum ada warga yang diketahui terpapar oleh Covid-19 di daerah Kabupaten Paluta. Jum’at (20/3/2020).

Namun demikian, ia menyampaikan bahwa ada 40 orang yang masuk dalam status Orang Sehat Dalam Pengawasan (OSDP) di Kabupaten Paluta. Dan setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis, untuk saat ini masih dinyatakan negatif.

Sesuai tahapan SOP yang sudah ditetapkan, kendatipun dinyatakan negatif, ke 40 OSDP tersebut akan terus dipantau minimal selama 14 hari kedepan, terhitung sejak yang bersangkutan menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Untuk memastikan kita akan terus melakukan pengawasan selama 14 hari kedepan, sesuai tahapan SOP yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, Tim Terpadu percepatan penanganan Covid-19 yang dipimpin oleh Sekda Paluta Burhan Harahap, sudah mendirikan posko-posko terpadu, penyuluhan dan penyampaian informasi kepada masyarakat. Dengan harapan akan meminimalisir kecemasan dan kepanikan ditengah-tengah masyarakat.

“Sudah 9 posko didirikan selain posko utama ini, yakni 8 puskesmas dan 1 posko di Bandara Aek Godang, dilengkapi dengan petugas medis dan alat pelindung diri,” ungkapnya.

Tambahnya, kepada rekan-rekan pers diharapkan untuk tidak membuat kalimat-kalimat teknis yang kurang dipahami masyarakat, yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kecemasan dan kepanikan.

“Terkait pemberitaan perkembangan pandemik Covid-19 di Paluta, kami yakin rekan-rekan pers mampu menyampaikannya kepada masyarakat dengan bijak,” tutupnya.

Laporan : Rifai Dalimunthe.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed