oleh

Musa Rajekshah: Polisi Harus Jemput Warga yang Punya Riwayat ke Luar Negeri

Rakyatsumut.com, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meninjau persiapan Rumah Sakit dr GL Tobing PTPN II Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang,  sebagai sarana utama penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang akan dirawat, Jumat (20/3/2020).

Sebelum meninjau sejumlah lokasi yang akan disiapkan untuk proses evakuasi dan isolasi, Wagub menggelar diskusi terkait perkembangan terkini serta langkah terbaru mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di ruang Kepala RS GL Tobing, setelah ada dua orang PDP yang kemudian dinyatakan positif Covid-19, dimana satu telah meninggal dunia.

Dalam diskusi itu, Wagub meminta agar seluruh upaya penanganan masalah Covid-19 ini benar-benar melibatkan seluruh pihak terkait sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, sehingga tidak ada waktu lagi untuk terlalu banyak pertimbangan yang tidak substansial seperti komunikasi serta kerja sama antara instansi yang tergabung dalam tim Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut.

“Dalam tim ini kan ada juga pihak TNI/Polri, untuk masyarakat yang dimaksud (ODP), silahkan libatkan (Polisi) untuk bisa menjemput mereka. Tidak bisa kita berpikir mau diusahakan dulu, kalau tidak mampu baru minta tolong. Kita ini bicara waktu, ini kerja tim,” ujar Wagub terkait upaya penjemputan sejumlah masyarakat yang diidentifikasi memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Dengan pendataan yang baik, lanjut Wagub, Ketua Tim Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis diminta untuk berkoordinasi secepatnya kepada kepolisian guna mengambil langkah penjemputan untuk membawa sejumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan diberikan pemeriksaan segera di RS Sari Mutiara Medan sebagai rujukannya.

“Tetap laporan harian ke Pak Gubernur. Mudah-mudahan persiapan ini seperti apa yang kita harapkan, (Covid-19) tidak menyebar dan mengorbankan masyarakat, jadi petugas harus tegas dalam penjemputan,” jelas Wagub.

Laporan: Rommy

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed