oleh

Kadis Capil Paluta: Kalau Tidak Mendesak, Tunda Pengurusan Dokumen

Rakyatsumut.com, Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), dalam rangka meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi dan mencegah penularan virus Corona atau Covid-19, menghimbau kepada warga supaya menunda pengurusan dokumen kependudukannya jika keperluannya tidak mendesak.

Hal ini disampaikan untuk menindaklanjuti surat himbauan Dirjen Kemendagri Dukcapil Zudan Arif Fakruloh.

Kepala Disdukcapil Paluta Susanna Hanum Daulay menyampaikan, agar masyarakat menunda pengurusan dokumen kependudukan (Dokduk) jika keperluannya tidak mendesak. Dan untuk pengurusan Dokduknya bisa diurus kembali setelah 2 pekan atau 3 pekan ke depan, atau awal April 2020 dengan mempertimbangkan situasi sesuai informasi perkembangan Covid-19 di wilayah Paluta.

“Jika tidak terlalu mendesak, ditunda dulu mengurus Dokduknya sampai situasi cukup tenang,” ujarnya.

Namun demikian, untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan dokumen kependudukan seperti untuk pengurusan BPJS dan Rumah sakit bisa melalui aplikasi pelayanan online atau via nomor whatsapp atau SMS agar tidak terjadi penumpukan antrian.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona yakni, dengan saling menjaga jarak, tidak saling bertemu, tidak berkumpul atau lainnya.

“Himbauan ini disampaikan untuk menghindari diri kita dari penularan Covid-19. Tindakan mencegah adalah lebih baik,” tutupnya.

Laporan : Rifai Dalimunthe.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed