oleh

Dinkes Sumut Telusuri Riwayat Perjalanan Pasien PDP yang Meninggal di RSUP Adam Malik

Rakyatsumut.com, Seorang pasien dengan status Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, punya riwayat perjalanan ke luar negeri yakni Jerusalem dan Itali.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Alwi Mujahit Hasibuan menanggapi meninggalnya seorang pasien PDP di RSUP Adam Malik.

“Saya belum begitu persis tahu, tapi mereka pulang dari Jerusalem singgah di Itali, mereka ada satu kelompok atau satu group, itu sedang kita telusuri,” kata Alwi Mujahit, Rabu (18/3/2020).

Alwi Mujahit menjelaskan, seorang pasien yang dirawat di ruang isolasi RSUP Haji Adam Malik dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (17/3/2020) malam.

“Pasien PDP 01 meninggal tadi malam sekitar pukul 20.45 WIB dan dibawa pulang oleh keluarganya,” ujarnya.

Sementara itu, saat ditanya lebih lanjut terkait kabar jika pasien merupakan dokter spesialis paru, Alwi Mujahit enggan membantah. Namun pun demikian, dirinya tidak mau menyatakan secara langsung dan mengatakan masih dalam penelusuran.

Dikatakan Alwi, sampel darah pasien yang masuk pada Sabtu (14/3/2020) tersebut telah dikirim ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Namun hasilnya belum diperoleh oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

“Untuk sampel (darah) sudah dilakukan pengecekan tapi hasilnya belum keluar,” ungkapnya.

Dikabarkan sebelnya, seorang pasien Isolasi yang ditangani RSUP Adam Malik Medan meninggal dunia pada Selasa (17/3/2020) malam.

Hal tersebut dibenarkan oleh pihak RSUP Haji Adam Malik Medan, melalui Anggota Tim Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging ( PINERE) dr. Ade Rahmaini.

“Iya benar, besok ya kita bicara mungkin besok ada konferensi pers di RS,” kata dr. Ade Rahmaini singkat saat dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020) malam.

Laporan: Ucis

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed