oleh

Dinkes Tapteng Sosialisasi Pencegahan Covid-19 bagi Kepala Sekolah

Rakyatsumut.com, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Dinas Pendidikan melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona atau COVID-19 kepada Kepala Sekolah TK, SD, Dan SMP Se Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) di Aula Dinas Pendidikan Tapteng, Senin (16/03/2020).

Pada sosialisasi ini, selain menjelaskan tentang COVID-19 dan upaya pencegahannya, juga dijelaskan cara cuci tangan yang benar kepada para Kepala Sekolah untuk dapat disosialisasikan kembali kepada para guru dan anak didik di sekolah TK, SD, dan SMP se Tapteng.

“Dinas Pendidikan Tapteng mengajak Bapak Ibu para Kepala Sekolah untuk sama-sama serius melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar Virus Corona atau Covid-19 jangan sampai tersebar di sekolah-sekolah. Untuk itu, kita perlu melakukan sosialisasi yang menghadirkan Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Plt. Kadis Pendidikan Tapteng Samrul Bahri Hutabarat.

Plt. Kadis Pendidikan Tapteng juga menyebutkan para Kepala Sekolah agar dapat memahami materi sosialisasi yang disampaikan. Dirinya juga menginstruksikan kepada para Kepala Sekolah agar sekolah-sekolah melengkapi fasilitas untuk cuci tangan bagi anak didik dan guru, dimana fasilitas cuci tangan ini bukan dengan cuci tangan di dalam ember tapi dengan air mengalir sehingga penyebaran COVID-19 bisa dihindarkan di sekolah-sekolah.

Selanjutnya, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tapteng Ewiya Laili, mengatakan perlu memahami informasi yang benar terkait COVID-19 dan berbagai upaya pencegahan penyebarannya yang dilakukan.

“Kita tidak perlu panik berlebihan atas informasi-informasi penyebaran COVID-19, kita tenang dan tetap waspada. Kita harus tahu bagaimana langkah untuk mengatasi COVID-19 ini dengan cara berperilaku hidup bersih dan sehat, seperti rajin mencuci tangan dengan baik pakai sabun dan air mengalir atau memakai hand sanitizer anti septik jika saat bepergian/ aktifitas berada di luar ruangan, perbanyak mengkonsumsi Gizi Seimbang dan istirahat yang cukup, jika sakit batuk agar menerapkan etika batuk, dan jika sakit berlanjut segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat. Selanjutnya jika ada orang baru bepergian/ datang dari negara atau tempat yang terjangkit COVID-19 harap melapor ke pihak Kesehatan agar bisa dipantau kesehatannya selama 14 hari. Puskesmas siaga 24 jam on call,” kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Tapteng.

Ewiya memaparkan Pencegahan Penyebaran Virus Corona atau COVID-19 yang dilanjutkan dengan mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar kepada para Kepala Sekolah yang dipandu oleh Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga Dinas Kesehatan Tapteng Dian Hartini beserta Tim Dinas Kesehatan Tapteng.

 

Editor: Damai Mendrofa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed