oleh

Air Terjun Soksok Aek Julu, Kepingan Anugerah di Tapanuli Utara 

Rakyatsumut.com, Hamparan sawah menjadi menu pembuka saat Rakyatsumut berkendara menelusuri jalan menuju Air Terjun Soksok Aek Julu, Sabtu, akhir pekan lalu.

Air terjun ini terletak di Desa Hutapea, kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Jaraknya, sekitar 30 menit perjalanan dari Kota Tarutung, pusat kabupaten yang tersohor dengan wisata rohani kristen.

Menuju air terjun ini, awali perjalanan dari pusat Kota Tarutung menuju Desa Parbubu I dan Desa Parbubu II hingga terlihat papan nama Air Terjun Soksok Aek Julu di kanan jalan.

Perjalanan tidak akan membosankan. Pasalnya, sebelum tiba di air terjun ini, menu objek wisata lain juga tersaji, yakni Air Soda dan Air Hangat Desa Parbubu.

Air terjun ini sudah disentuh pembangunan: jalan setapak, kamar mandi dan sejumlah fasilitas lainnya. Kendati sudah dibangun, kealamiannya masih cukup terjaga.

Terbukti, saat tiba di air terjun, angin sepoi-sepoi ‘berbisik’ lembut menepis teriknya matahari: memunculkan kesejukan.

Air Terjun Soksok Aek Julu di Tapanuli Utara. Foto: Rakyatsumut.com/ Paska Marbun
Air Terjun Soksok Aek Julu di Tapanuli Utara. Foto: Rakyatsumut.com/ Paska Marbun

Sementara kicauan burung, kian menambah ketenangan. Di tebing air terjun, terlihat, formasi batuan terbentuk alami akibat aliran air: begitu artistik.

Kendati tempatnya yang terpencil, air terjun Soksok Aek Julu kerap dikunjungi. Tidak saja warga sekitar desa Hutapea, pengunjung dari luar desa juga sering datang menghabiskan waktu.

“Sejak pemerintah memberi perhatian dengan membangun ikon Air Terjun Soksok Aek Julu, tempat duduk, kamar mandi, puji Tuhan, pengunjung sudah meningkat dari hari-hari yang lalu,” kata Simanullang, seorang warga yang menjajakan dagangan di komplek air terjun.

Simanullang mengaku, belum banyak yang mengetahui keberadaan air terjun ini. Namun ia meyakini, ke depan, objek wisata ini semakin diminati.

“Mudah-mudahan ke depan makin banyak pengunjung ke Air Terjun ini,” harap Simanullang.

Laporan: Paska Marbun

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed