oleh

Warga Antusias Tunggu Kedatangan Raja dan Ratu Belanda di Danau Toba

Rakyatsumut.com, Raja Belanda Willem Alexander beserta Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti akan melakukan kunjungan kenegaraan di kawasan Danau Toba. Dalam kunjungan itu, beberapa destinasi wisata rencananya akan disambangi oleh raja dan ratu negeri Kincir Angin tersebut.

Salah satu destinasi wisata yang akan dikunjungi yakni Bukit Singgolom dan rumah tradisional Batak di Dusun Simbat Dalan, Desa Lintong Nihuta, Kabupaten Toba.

Kepala Desa Lintong Nihuta Holong T. Simanjuntak, mengatakan, masyarakat desa sangat antusias menyambut kedatangan Raja Willem Alexander beserta Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti di desa mereka.

“Kita seluruh masyarakat Lintong Nihuta khususnya Dusun Siambat Dalan, sudah siap menerima Raja beserta Ratu Belanda datang,” kata Holong T. Simanjuntak, Rabu (11/3/2020).

Dikatakan Holong, sejumlah persiapan juga dilakukan warga menyambut tamu penting negara itu. Dari mulai membersihkan lingkungan kampung hingga prosesi adat.

“Kita lakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar kampung dan pastinya sebagai orang Batak, tentu nanti akan ada prosesi mangulosi kepada raja dan ratu Belanda,” ucapnya.

Dijelaskan Holong, di Dusun Siambat Dalan, ada sekitar 12 kepala keluarga yang masih tinggal di rumah adat, dengan jumlah rumah adat ada tujuh rumah. Rumah adat itu sendiri telah berumur ratusan tahun dengan dua jenis yakni Ruma dan Sopo.

Ruma adalah jenis rumah adat Batak dengan bentuk pintu masuk dari bawah menggunakan tangga. Sedangkan Sopo, merupakan rumah adat dengan pintu masuk berbentuk menghadap kebawah.

“Ada tujuh rumah adat peninggalan nenek moyang di dusun kita ini. Tiga Sopo dan empat Ruma. Rumah adat ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu,” ungkapnya.

Lina Boru Tobing, warga Dusun Siambat Dalan, mengaku sangat antusias menunggu kedatangan Raja dan Ratu Belanda di kampung mereka. Sejumlah persiapan telah dilakukan warga, dari mulai membersihkan rumah hingga lingkungan sekitar yang akan didatangi oleh raja dan ratu Belanda.

Menurutnya, selain merasa bangga, Lina berharap kedatangan tamu negara itu dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Desa Lintong Nihuta khususnya Dusun Siambat Dalan.

“Senang karena raja dan ratu Belanda datang ke kampung kami. Kami juga udah bersiap-siap menyambut kedatangannya. Harapannya dengan kedatangan raja dan ratu, wisatawan mancanegara akan semakin ramai datang kesini,” harapnya.

Laporan: Ucis

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed